Kamis, 10 November 2011

Banksy, $1 Juta Harga Sebuah Identitas


Dunia wale? Barangkali. Informasi tentang seorang seniman graffiti dunia nan misterius, hanya terkenal dengan nama Banksy, dilelang di eBay. Setelah dibuka dengan harga $3 ribu, hari ini nilainya telah mencapai titik fantastis, tepatnya US$999.999!
Dengan uang sejumlah Rp9 M itu, Anda bisa memperoleh 45 biji paspor ala Gayus. Tentunya saya yakin Kompasioner jauh dari moral ala Gayus, dan lebih memilih mengurus paspor legal yang Rp270 ribu saja.
Siapa Banksy? Wallahualam! Seniman ini adalah sebuah enigma, tiada jiwa yang tahu siapa ia.  Publik hanya tahu ia seorang seniman asal London yang terkenal dengan karya-karya lukisan, stensil, terutama (dan ini yang membuat ia sangat terkenal) graffiti yang unik, menarik lagi lucu.
1295321955174813596
Taman yang hilang. Foto: banksy.co.uk
Graffitinya bukan sembarangan. Kadang syarat pesan kemanusiaan, keadilan, dan –meski terdengar ironis– lingkungan. Sapuan catnya cerdas menyesuaikan diri dengan tempat dimana  dicacahkan. Seolah retak, pecah, atau tuanya sebuah dinding, misalkan, memang ada disana demi Banksy.
Heran juga identitas seorang manusia bisa tersimpan kukuh rapat. Di jaman di mana rahasia negara adikuasa saja bisa bocor, tentu cukup menakjubkan bagaimana seorang seniman dapat menyimpan rahasia dirinya.
Harap dicatat, ia bukan seorang yang terlalu penyuruk. Ia malah punya website, banksy.co.uk. Selain dipakai sebagai ‘galerry’ bagi karyanya, website itu juga mengizinkan pengunjung mengunduh foto-foto asal tidak dipakai untuk tujuan komersil.
1295391792413731582
Slide powerpoint dengan graffiti Banksy. Foto-foto di websitenya diizinkan dipakai asal bukan untuk tujuan komersial. Foto slide ini koleksi pribadi
Alhasil, saya sering menggunakan graffiti Banksy sebagai backdrop slide power point dalam mengajar. Unik, dan lebih menarik bagi para muda yang mahasiswa itu.
Adapun Banksy, belakangan denyut kreatifitasnya   merambah ke dunia sinema. Tahun 2010 lalu ia merilis film komedi dokumenter  “Exit Through The Gift Shop”Debut ini tentu bukan debut kacangan pula, karena pada tahun yang sama film ini berjaya meraih 12 penghargaan, dan sembilan diantaranya sebagai film dokumenter terbaik.
Barangsiapa yang penasaran, ini trailernya:
Kalau nilai identitasnya saja membuat decak takjub, tak salah kalau harga karyanya juga fantastis. Karya-karya Banksy kalau dirupiahkan ditengarai berharga seputar Rp7M saja!
Bahkan properti yang ketahuan ‘terBanksy’ juga akan naik nilainya. Sebelum ‘dicorat-coret’, sebuah pub tua di Liverpool tadinya hanya bernilai £495,000 (setara Rp7M, harga biasa sebuah properti komersial tua di sana).
Setelah Banksy ‘iseng’ menggambari dinding pub tua itu, pemiliknya bagai mendapat durian runtuh, karena Banksy membuat nilai properti itu melonjak dua kali lipat menjadi Rp 14M!

12953218941908432588
Pub tua yang naik harga karena Banksy. Foto: banksy.co.uk
Apakah ia demikian radikalnya hingga harus bersembunyi? Atau hanya strategi public relationuntuk menaikkan pamor seorang Banksy, dan dengan demikian menaikkan harga jual karyanya? Entahlah. Saya penasaran, siapa yang bakal berhasil memenangkan lelang informasi identitas Banksy di eBay itu.
Kalau benar informasinya sahih, tentu Banksy bukan lagi seorang ‘pendekar bertopeng’ yang misterius. Kalau telah terkuak, entah apakah masih akan sedemikian mahal karyanya.
Pelelang di eBay ini juga seorang enterpreneur luar biasa.  Di luar sahih atau tidaknya informasi yang dia jual, insting dagangnya masih pantas diacungi jempol. Tampaknya dunia belum wale, hanya penghuninya lebih kreatif!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar